6.349 Orang Calon Jemaah Haji Kloter Tujuh Embarkasi Padang Berangkat Dini Hari

Ucok Simanjuntak | Sabtu, 05-08-2017 | 16:52 WIB | 370 klik | Kota Padang
6.349 Orang Calon Jemaah Haji Kloter Tujuh Embarkasi Padang Berangkat Dini Hari

Foto: Kloter Jamaah Haji Asal Sumbar. Sumber: Kabarnagai

portalsumbar.com - Pemberangkatan Kloter 7 Embarkasi Padang, yang merupakan gabungan antara Jemaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Bengkulu dan Sumatera Barat (Sumbar) secara resmi dilepas oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar, Jumat 4 Agustus 2017, sekitar pukul 21.00 WIB.

Pelepasan Jemaah Calon Haji tersebut di wakili oleh Direktur Bimas Polda Sumbar, Komisaris Besar Polisi (Kombespol), Nasrun Fami. Kloter 7 ini terdiri dari JCH Sumbar terdiri dari Kota Bukittinggi dan Kota Padang, kemudian untuk Bengkulu, terdiri dari Kabupaten Lebong dan Kabupaten Rejang Lebong.

Para Jamaah nantinya akan take off menuju Bandara Amma Madinah pada pukul 03.05 WIB dini hari. Untuk jumlah secara keseluruhan, Jamaah Haji Embarkasi Padang, tahun 1438 H/ 2017 M sebanyak 6.349 orang. Dengan rincian, Sumbar 4.628 orang, Bengkuli 1.641 orang dan 80 orang petugas.

Jumlah tersebut akan diterbangkan oleh pesawat Garuda Boeing 777 seri 300 ER dengan 17 kloter. Untuk Kloter 7, Jamaah Calon Haji yang berasal dari Kota Bukittinggi sebanyak 270 orang, Kota Padang 13 orang, Kabupaten Lebong 92 orang dan Kabupaten Rejang Lebong 2 orang serta 5 orang Petugas dengan total keseluruhan 382 orang.

Jumlah ini sudah termasuk Jemaah kloter 4 yg tertunda berangkat karena sakit atas nama Rifa'i Ali Nusin, umur 68 thn, no. Manifest 46 dan Mariana Ali Asar, umur 71, no manifest 47. Adapun JCH termuda Siti Syarah Neldi, umur 20 tahun, asal Kota Bukittinggi dan yang tertua Yusmaniar Dahlan Surio, umur 93 tahun asal Kota Bukittinggi.

JCH kloter 7 di mekah akan menempati maktab 33 dengan nomor rumah 402 sektor 4 wilayah Aziziah. "Alhamdulillah JCH embarkasi Padang sudah mendarat di Madinah sebanyak 2335 orang." ujar Kemenag Sumbar, Salman, Ketika melepas JCH kloter 7.

Ia berpesan kepada petugas kloter untuk selalu berkomunikasi dengan Karu, Karom dan jemaah agar pelaksanaan ibadah haji tidak menemui kendala. Disamping itu Ka. Kanwil juga menghimbau kepada semua JCH agar menjaga kesehatannya supaya dapat beribadah secara maksimal. Seluruh JCH juga harus saling membantu dan menjaga kebersamaan.

Selanjutnya, Kapolda Sumbar yg diwakili oleh Direktur Bimas Polda Sumbar Kombespol Nasrun Fami menyampaikan pesan Kapolda kepada JCH agar menjaga nama baik Sumbar dengan mengikuti semua aturan yang ada di Arab Saudi.

"Tingkatkan kesabaran selama di Arab Saudi, pertahankan kekompakkan dan saling bantu antar sesama jemaah dan konsentrasi selama beribadah. Mudah mudahan dengan semua itu akan mengantarkan seluruh JCH menjadi haji yang mabrur," tutup Nasrun Fami.

(*DS/kabarnagari)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar