Buka Liga Santri 2019, Kapolda Sumbar : Selamat Bertanding, Junjung Tinggi Sportivitas

Ucok Simanjuntak | Jumat, 18-10-2019 | 14:37 WIB | 376 klik | Provinsi Sumatera Barat
Buka Liga Santri 2019, Kapolda Sumbar : Selamat Bertanding, Junjung Tinggi Sportivitas

Buka Liga Santri 2019, Kapolda Sumbar : Selamat Bertanding, Junjung Tinggi Sportivitas

PortalSumbar - Padang Pariaman, Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum membuka Liga Santri se-Sumatera Barat dalam rangka Hari Santri Nasional Tahun 2019, Jumat, (18/10) di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan Ringan, Kab. Padang Pariaman.

Dalam Liga Santri ini, akan dipertandingkan yakni Musabaqah Qira'atil Kutub, Musabaqah Syahril Qur'an, Tahfizul Qur'an, Volly Ball dan Futsal.

Sebelum membuka Liga Santri tersebut, Irjen Pol Fakhrizal menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta yang akan bertanding.

"Saya atas nama Polda Sumbar beserta jajaran mengucapkan selamat datang di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan Ringan Kabupaten Padang Pariaman", ucap Kapolda.

Irjen Pol Fakhrizal mengatakan, santri adalah bagian yang terpenting dalam perjalanan bangsa Indonesia, penampilan dan gaya hidup sederhana dari para santri memberikan sumbangsih besar dalam merebut kemerdekaan, mempertahankan dan bahkan terus berjuang untuk bangsa Indonesia.

"Pada tahun 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta, Presiden Ir. H. Joko Widodo telah menetapkan tanggal 22 Oktober menjadi Hari Santri Nasional", katanya.

"Karena Presiden sangat mengerti melalui resolusi jihad dari Syekh K.H. Hasyim Asy'ari, bahwa ada perjuangan besar yang dilakukan oleh para ulama dan santri", tambahnya.

Kapolda berharap, para santri berlomba-lomba meningkatkan kemampuan diri, terutama mengasah diri di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan berprestasi di bidang olahraga. Serta tidak lupa membangun kepribadian bangsa yang inklusif, toleran, ramah, saling menghormati, dan taat pada Allah SWT.

"Sehingga nanti dapat terwujudnya Santri Indonesia untuk perdamaian dunia", ujar Kapolda Sumbar.

Sebelum membuka Liga Santri 2019, Kapolda menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada panitia atas terselenggaranya Liga Santri tersebut.

"Kepada para santrisantriwati dan pelajar SMA, saya mengucapkan selamat bertanding dengan menjunjung tinggi jiwa sportivitas dan tunjukkan yang terbaik", tuturnya.

"Kepada para wasit / juri dan Official, saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas secara profesional, semoga Liga Santri ini dapat melahirkan prestasi yang dapat dibanggakan", pungkas Kapolda menambahkan.

Dalam pembukaan Liga Santri ini, dihadiri oleh Ahlul Bait Pendiri Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-ringan, Syaikhul Ma'had (guru besar), Syekh Zulhamdi Tuanku Kerajaan Nan Soleh, para Pejabat Utama Polda Sumbar, Bupati Padang Pariaman, Kapolres Padang Pariaman.

Kemudian juga Ketua Yayasan beserta pimpinan Pondok Pesantren Nurul Yaqin, Camat Enam Lingkuang, Wali Nagari Pakandangan, para Kapolsek jajaran Polres Padang Pariaman, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat serta para santri santriwati Pondok Pesantren dan pelajar SMA se Sumbar.(RF)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat