Kamang Adventure, Ribuan Peserta Antusias Mengikutinya

Ucok Simanjuntak | Minggu, 29-09-2019 | 15:51 WIB | 113 klik | Kota Bukittinggi
Kamang Adventure, Ribuan Peserta Antusias Mengikutinya

Kamang Adventure, Ribuan Peserta Antusias Mengikutinya

PortalSumbar - Bukittinggi, Ribuan masyarakat antusias mengikuti bersepeda santai bersama Kapolda Sumatra Barat Irjen Pol Drs. H. Fakhrizal, M.Hum dalam iven yang bertajuk "Kamang Adventure 2019".

Para pesepeda ini memulai perjalanan dari Simpang Jorong Pakan Sinayan, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Minggu (29/9) sekitar pukul 08.30 WIB.

Informasi yang diperoleh, sekitar 5.000 peserta yang mengikuti iven Kamang Adventure. Pesertanya pun tidak hanya berasal dari Sumbar, namun juga terdapat daerah tetangga Provinsi Riau.

Bersepeda santai bersama Kapolda Sumbar, merupakan ajang untuk bersilaturahmi sesama masyarakat sembari berolahraga. Dalam Kamang Adventure, juga bertabur puluhan hadiah seperti sepeda motor hingga bermacam hadiah lainnya.

"Kamang Adventure ini sebagai ajang silahturahmi kita sesama warga Kamang Mudiak. Tentunya, melalui kegiatan ini juga memperkenalkan kepada masyarakat luas akan keindahan daerah kita ini", ucap Kapolda Sumbar.

Untuk diketahui, Jorong Pakan Sinayan Kamang Mudiak merupakan tanah kelahiran Irjen Pol Fakhrizal. Dengan Kamang Adventure, menjadikan momentum bagi Kapolda Sumbar untuk pulang kampung sekaligus bersilahturahmi sesama masyarakat.

Adapun rute yang dilewati di antaranya di mulai dari Pakan Sinayan, Jorong Durian, Situpo Gantiang, Kapecong, Tarusan, Limau Kambiang, Batu Baraguang, Bancah, Binu, Guguak Rang Pisang, Salo, Magek dan kemudian kembali ke Pekan Senayan.

Selain Irjen Pol Fakhrizal dan masyarakat umum, Kamang Adventure ini juga diikuti berbagai komunitas sepeda di Sumbar. Begitupun juga diikuti seluruh jajaran Pejabat Utama dan seluruh jajaran Polda Sumbar. Para pihak kepolisian ini berbaur dan saling menyatu menjalin keakraban bersama ribuan masyarakat.

"Luar bisa, bisa kita saksikan semuanya antuasias. Rutenya juga menantang sepanjang 29 kilometer, udaranya sangat sejuk dan pemandangan luar biasa indahnya. Inilah daerah kelahiran saya", terangnya.

Irjen Pol Fakhrizal mengenang, dulunya Sumbar memiliki atlet sepeda yang terkenal dan menjuarai Pekan Olahraga Nasional (PON). Ia berharap, dengan kegiatan ini kembali tumbuh di kalangan generasi muda untuk berolahraga sepeda dan dapat mengharumkan Sumbar.

"Peserta semua daerah di Sumbar terlibat. Langkah selanjutnya kita upayakan Kamang Adventure sebagai kegiatan tahunan di Kamang Mudiak ini," jelasnya.

Sementara, Ketua Panitia Kamang Adventure Firmansyah tidak menyangka antuasias masyarakat begitu luar biasa mengikuti. Sehari sebelum acara puncak, para peserta banyak yang mendaftar dan melebihi target.

"Luar biasa sekali antusias masyarakat dan komunitas sepeda. Apalagi kebetulan Pak Kapolda di sini adalah orang yang dituakan dan masyarakat sangat menghormati beliau. Kami tidak menyangka sampai antusiasme seperti ini," katanya.

Firmansyah membenarkan peserta tidak hanya dari Sumbar namun juga terdapat dari peserta provinsi tetangga. Ia berharap ini menjadi agenda tahunan dan tentunya menjadi ajang promosi keindahan alam Kamang Mudiak.

"Peserta begitu banyak melewati objek wisata yang ada di Kamang Mudiak. Kamang Adventure tentunya menjadi andalan untuk mempromosikan wisata yang ada," pungkasnya.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar