Tampil Terdepan, Kapolres Payakumbuh Kawal Mahasiswa yang Melakukan Unjuk Rasa Damai

Ucok Simanjuntak | Kamis, 26-09-2019 | 21:30 WIB | 95 klik | Kota Payakumbuh
Tampil Terdepan, Kapolres Payakumbuh Kawal Mahasiswa yang Melakukan Unjuk Rasa Damai

Tampil Terdepan, Kapolres Payakumbuh Kawal Mahasiswa yang Melakukan Unjuk Rasa Damai

PortalSumbar - Payakumbuh, Ratusan mahasiswa dan mahasiswi se Kota Payakumbuh melakukan aksi unjuk rasa (unras) damai ke kantor DPRD Kota Payakumbuh, Kamis (26/9) siang.

Mereka yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Payakumbuh ini, saat berada di halaman kantor DPRD meminta beberapa tuntutan, seperti terkait beberapa hal seperti Kajian UU KPK, Tinjau Ulang RUU Pertanahan, RKUHP, dan Kajian Karhutla serta RUU Penghapusan Kekerasaan Seksual.

Dalam pengamanan unjuk rasa damai tersebut, pihak Kepolisian Resor Payakumbuh menurunkan ratusan personelnya untuk memberikan pengamanan serta pengawalan.

Ada yang unik dalam aksi unras tersebut, pantauan PortalSumbar.com,yakni ikut sertanya Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.Ik dalam mengawal dan memberikan pengamanan ketika mahasiswa melakukan long march.

Long march tersebut dimulai dari Kampus II Unand Payakumbuh menuju Labuah Basilang dan melewati jembatan Ratapan Ibu, kemudian mengarah langsung ke Tugu Adipura dan berakhir di kantor DPRD Payakumbuh.

Bersama para mahasiswa, Kapolres ikut berjalan hingga ke halaman kantor DPRD Kota Payakumbuh. Hal ini membuat mahasiswa yang hadir, sangat senang dan memberikan pujian kepada Kapolres Payakumbuh yang baru beberapa hari bertugas.

"Pak Kapolres memfasilitasi penyampaian pendapat dengan cara-cara yang baik dan elegan", ujar salah seorang mahasiswa.

Sementara, AKBP Dony Setiawan menyampaikan apresiasinya kepada anggota DPRD Payakumbuh dan mengucapkan terimakasihnya kepada mahasiswa yang telah tertib dalam menyampaikan pendapatnya.

"Kota (Payakumbuh) ini damai, kota ini aman. Tidak ada histori sejarah demo-demo yang anarkis. Saya sampaikan rasa salut saya sama adik-adik sekalian", kata Kapolres.

Mantan Kapolres Solok Kota ini juga menegaskan, selama demo pihaknya tidak menemukan adanya penyusup yang memanfaatkan aksi mahasiswa.

"Wartawan di catat ya, tidak ada penyusup", pungkasnya di aula gedung DPRD Payakumbuh.

Sebelumnya, setiba di kantor DPRD, mahasiswa dari berbagai Universitas ini kemudian melakukan orasi yang mana anggota dewan setempat juga ikut mendengarkan aspirasi dari mahasiswa.

Hingga berakhirnya penyampaian pendapat oleh mahasiswa di gedung DPRD Payakumbuh, situasi berjalan dengan aman, tertib dan lancar.(RF)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar