6 warga Payakumbuh positif virus HIV/AIDS, 5 diantaranya kaum homoseksual

Ucok Simanjuntak | Minggu, 30-07-2017 | 20:35 WIB | 198 klik | Kota Payakumbuh
6 warga Payakumbuh positif virus HIV/AIDS, 5 diantaranya kaum homoseksual

Gambar: Ilustrasi HIV/AIDS

portalsumbar.com - Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Payakumbuh, Fahman Rizal, menyebutkan ada sedikitnya enam orang warga yang terjangkit HIV. Dari ke enam orang tersebut, dilaporkan satu orang diantaranya adalah Ibu rumah tangga (IRT), dan lima orang lagi adalah kaum homoseksual pecinta sesama jenis, ujarnya, Sabtu (29/07).

Ditambahkannya lagi, salah satu pria gay itu, belum lama ini telah meninggal dunia di dalam Lapas Payakumbuh, saat menjalani proses hukum terkait narkoba.

Fahman Rizal juga menjelaskan, sejak awal tahun 2017 ada 65 orang yang melapor telah terjangkit virus HIV. Namun setelah diperiksa secara intens, maka enam orang tersebut yang positif HIV/AIDS.

Untuk itu, Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Payakumbuh meminta agar pemerintah setempat dan penegak hukum bisa meningkatkan pengawasan, terutama ditempat hiburan malam yang rentan terhadap penyebaran HIV/AIDS.

Untuk diketahui, penyebaran HIV/AIDS, disamping melakukan hubungan seks bebas, juga melalui narkotika. Khusus Narkoba, diketahui Payakumbuh, adalah Kota Perlintasan dan persinggahan, baik dari Aceh, Sumut, dan Riau."Jadi Kota Payakumbuh terindikasi sebagai sorga peredaran narkoba," Pungkas Fahman Rizal.

(*DS/Sumbar1)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Berita Terkait HIV/AIDS

Komentar

Berita Kota Payakumbuh