Tanam Cabai di Rumah, Solusi saat Harganya Naik

Ucok Simanjuntak | Sabtu, 03-08-2019 | 23:03 WIB | 176 klik | Kota Padang
Tanam Cabai di Rumah, Solusi saat Harganya Naik

Cabai (net)

PortalSumbar - Padang, Tanaman cabai merupakan salah satu kebutuhan masyarakat di Indonesia, khususnya untuk bumbu masakan.

Harganya pun tidak menentu, kadang bisa di beli masyarakat dan kadangkala harganya pun bisa terasa pedas lantaran melonjak tinggi.

Salah satu cara agar masyarakat tetap bisa menggunakan cabai untuk bumbu masakan, adalah dengan menanamnya sendiri di rumah baik dihalaman rumah maupun di pot (polibag).

Rio, seorang pemuda alumni Pertanian dari Universitas Andalas juga menanam cabai di sekitar rumahnya dengan menggunakan polibag dan pot-pot kecil. Lantaran, tanaman yang masuk dalam jenis tanaman capsicum annum l ini juga mudah dalam penanaman hingga perawatannya.

"Perawatannya sama, baik yang di polibag maupun yang tidak menggunakan polibag. Pemupukan dan penyiraman juga tidak jauh beda dengan yang di ladang. Kalau ada hama atau penyakit, bisa diobati dengan di semprot", katanya kepada PortalSumbar.com.

Rio menuturkan, dalam masa panen cabai yang ditanam di dalam polibag, bisa dalam waktu tiga bulan. "Tiga bulan sudah bisa panen", tuturnya.

Dirinya mengajak kepada masyarakat, khususnya yang memiliki halaman yang masih kosong untuk memanfaatkannya dengan menanam cabai. Sehingga, saat harga sedang naik masyarakat bisa menggunakan cabai yang ditanam sendiri.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar