Aplikasi "Paga Nagari", Permudah Pengurusan SIM dan SKCK di Polres Solok Kota

Ucok Simanjuntak | Senin, 24-06-2019 | 23:52 WIB | 73 klik | Kota Solok
Aplikasi

Aplikasi "Paga Nagari", Permudah Pengurusan SIM dan SKCK di Polres Solok Kota

PortalSumbar - Kota Solok, Untuk meningkatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, berbagai inovasi terus dikembangkan oleh Polres Solok Kota.

Salah satunya dengan aplikasi "Paga Nagari". Dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat yang tinggal di wilayah hukum Polres Solok Kota dapat dimudahkan dalam proses pelayanan SIM dan SKCK.

Kepada pemohon SIM dan SKCK, nantinya terlebih dulu melakukan pendaftaran online sebelum datang ke Polres Solok Kota. Pendaftarannya dilakukan dengan cara mengisi formulir dan melampirkan persyaratan melalui aplikasi android "Paga Nagari".

"Inovasi ini sebenarnya sudah berjalan sejak bulan November 2018 yang lalu. Kini, jumlah pemohon yang sudah mendaftarkan sebanyak pemohon SIM 136 orang dan pemohon SKCK sebanyak 875 orang", kata Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan.

Kapolres menuturkan, manfaat dari menggunakan aplikasi "Paga Nagari" ini bagi si pemohon SIM dan SKCK adalah, menghemat waktunya kurang lebih 30 menit sampai dengan 1 jam ketimbang melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir secara manual.

Sementara, Kasat Lantas Polres Solok Kota Iptu Sugeng Riadi menjelaskan, bahwa setelah mendaftar online melalui aplikasi android ini, pemohon datang tidak perlu mengisi formulir lagi, langsung melapor ke petugas penerima tamu Satpas SIM Sat Lantas Polres Solok Kota dan langsung melanjutkan proses pendaftaran ke tahapan selanjutnya.

Kasat Intelkam Polres Solok Kota, Iptu Luhur Fachri Utomo juga menjelaskan yang sama, dalam hal ini terkait pendaftaran SKCK melalui aplikasi tersebut.

"Pendafataran SKCK melalui aplikasi android selama ini sudah berjalan", katanya.

Namun, saat ini masih ada masyarakat yang belum mengetahui mekanismenya karena tidak memonitor informasi pelayanan Polres Solok Kota yang sudah disosialiasikan baik melalui Website maupun Medsos Polres (Facebook, Instagram dan Twitter).

AKBP Dony Setiawan juga meminta kepada jajaran Lantas dan Intelkam, untuk mensosialisasikan kembali inovasi ini untuk mempermudah masyarakat dan menghemat waktu pelayanan.

"Kan mendaftar melalui aplikasi ini lebih mudah dan efektif, jadi kami seharusnya lebih giat lagi mensosialisasikan kepada masyarakat", jelasnya.

Kapolres menambahkan, agar masyarakat tidak ketinggalan informasi pelayanan publik Polres Solok Kota, diharapkan agar mengikuti media sosial dan website Polres Solok Kota yaitu :

Website : https://polressolokkota.org/website/

Instagram : https://www.instagram.com/polres.solokkota/?hl=id

Facebook : https://www.facebook.com/ressortressor.solokkota

Fanpage Facebook : https://www.facebook.com/RESSOLOKKOTA/

Twitter : http://www.twitter.com/polressolokota

"Selama ini kami sudah banyak merespon pertanyaan masyarakat seputar informasi pelayanan publik, melalui akses tersebut di atas", bebernya.

Sebenarnya, pihak Polres Solok Kota sudah pernah mengumumkan informasi terbaru mengenai pelayanan, kadang masyarakat enggan untuk mencari dan mempelajari sendiri informasi yang sudah pernah diumumkan sebelumnya.

"Meski demikian ini adalah kewajiban kami untuk tidak bosan-bosannya merespon dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat", terangnya.

Selanjutnya, AKBP Dony mengingatkan kembali kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Solok Kota yang belum menginstall aplikasi android, untuk dipersilahkan mendownload aplikasi ini di play store dengan link sebagai berikut :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.manado.pro.polreskotasolok.paganagari&showAllReviews=true.

Nantinya, setelah mendownload dan menginstall aplikasi "Paga Nagari", selanjutnya melakukan pendaftaran dan menikmati layanan online lainnya dari Polres Solok Kota seperti Panic Button, Pengaduan, Permohonan Izin Keramaian, Pengawalan dan lain-lainnya.

Saat ditanyakan, Kapolres AKBP Dony mencatat bahwa selama aplikasi Paga Nagari ini diterapkan, sudah banyak warga yang mendaftar yaitu sebanyak 2.024 pengguna.

Dirinya berharap, semoga semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan aplikasi ini dan semoga aplikasi benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga dengan apa yang telah kami sediakan, dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kota Solok", imbuhnya.

Selain itu, Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat untuk membantu mensosialisasikan aplikasi ini sehingga nantinya banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya aplikasi dan layanan online ini.(RF)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar