Atraksi Reog Ponorogo Meriahkan HUT Bhayangkara ke 73 di Sawahlunto

Ucok Simanjuntak | Senin, 24-06-2019 | 14:10 WIB | 1472 klik | Kota Sawahlunto
Atraksi Reog Ponorogo Meriahkan HUT Bhayangkara ke 73 di Sawahlunto

Atraksi Reog Ponorogo Meriahkan HUT Bhayangkara ke 73 di Sawahlunto

PortalSumbar - Sawahlunto, Sanggar Subur Budaya menampilkan atraksi kesenian tradisional berupa Reog Ponorogo dan kesenian Asli Kota Sawahlunto berupa Kuda Kepang, Minggu (23/6) sore di Lapangan Segitiga Sawahlunto.

Atraksi kesenian ini diperlihatkan untuk menghibur masyarakat, dan juga dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara yang ke 73 tahun 2019.

Ramainya masyarakat yang menyaksikan kesenian tradisional dari Jawa tersebut, membuktikan keberagaman suku dan agama yang ada di Kota Sawahlunto serta kerukunan antar suku, ras dan agama tetap terjaga.

Marpadi, selaku pimpinan Sanggar Subur Budaya mengatakan, atraksi kesenian ini untuk menghibur masyarakat yang berada di lapangan Segitiga. Sekaligus dalam memeriahkan HUT Bhayangkara.

Dalam kesenian Reog Ponorogo, dituntut kesiapan fisik dan mental, karena reog itu sendiri memiliki berat lebih kurang 50 kilogram.

"Jadi diperlukan ilmu kanuragan untuk bisa mengangkat dan memainkannya", ujar Marjadi.

Usai memperlihatkan Reog, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan atraksi Kuda Kepang. Kesenian Jawa ini mengundang arwah para leluhur dengan diiringi lagu gamelan dan gendang, yang dimulai dengan tarian para penari kuda kepang dengan dandanan seperti punggawa kerajaan.(RF)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar