Home » Artikel

PENDIDIKAN MERDEKA PADA MASA PANDEMI COVID 19

Jumat, 2020-08-07 | 14:51 WIB | 70 klik
ANNISA WERIFRAMAYENI, M.I.Kom

ANNISA WERIFRAMAYENI, M.I.Kom

Alumni Pascasarjana S2 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas

Portalsumbar.com - Padang,Merebaknya pandemi wabah Covid-19 di tanah air menerjang berbagai sektor publik yang berdampak dengan berbagai masalah dan krisis. Tidak terkecuali sektor pendidikan. Harus kita akui sistem pendidikan di Indonesia belum mempersiapkan dengan baik pembelajaran pada tahun ajaran dimasa pandemi covid-19 ini. Pada sisi peserta didik tahun ajaran baru ini menyisakan berbagai macam permasalahan seperti akses internet, kepemilikan smartphone, dan kemampuan orang tua membimbing anak dalam belajar dirumah. Tidak sedikit banyaknya orang tua yang sudah sangat kewalahan mengajar anak-anaknya dari rumah. Bahkan sangat berharap sekali agar sekolah bisa kembali normal seperti sediakala.

Hampir dua bulan program belajar dari rumah yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) imbas dari pandemi Corona berjalan. Di momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kemendikbud masih menyoroti perihal keluhan para siswa akan tugas yang menumpuk selama proses belajar dari rumah berlangsung. Pandemi COVID-19 telah memberi kita begitu banyak pelajaran, tidak hanya tentang upaya memutus mata rantai penularannya, tapi juga bagaimana anak-anak kita tetap belajar, dan bagaimana sekolah-sekolah berkreasi memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya menerapkan kebijakan Belajar dari Rumah atau learning from home. Sebelumnya, kementerian yang digawangi Mendikbud Nadiem Anwar Makarim ini mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi meluncurkan Seri Webinar Guru Belajar: "Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi" pada Senin (29/6). Peresmian program ini diluncurkan langsung Dirjen GTK Dr. Iwan Syahril, dan disaksikan lebih dari ribuan peserta dari kalangan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, widyaiswara, orang tua dan para insan pendidikan melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung di kanal youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi pada masa saat ini sangatlah membantu dalam melaksanakan proses belajar mengajar dari rumah. Setiap siswa atau mahasiswa diberikan tugas yang harus segera diselesaikan dan mengirimkan progres tugas tersebut melalui berbagai macam aplikasi seperti Google Drive, atau via WhatsApp dan berbagai macam aplikasi lainnya.

Jadi kondisi ini memberi kesempatan kepada kita mendapat pembelajaran dari covid 19 serta memetik hikmah atas peristiwa yang terjadi untuk kita dapat keluar dari zona nyaman.Adapun konsep Merdeka Belajar sudah kita berikan kisi kisinya jadi tidak ada yang berubah akibat pandemi covid namun menjadi potensi mengakselelarsi bahwa Merdeka Belajar adalah konsep memberikan kemeerdekaan dunia pendidikan untuk kita berinovasi," tegas Nadiem seraya menambahkan kondisi Indonesia yang amat beragam dari Sabang hingga Merauke menjadi peluang inovasi yang sesuai dan cocok bagi setiap sekolah dan daerah melalui teknologi.(*)

Komentar

Artikel lainnya

RAYAKAN TUJUH BELASAN MESKI DIRUMAH SAJA Minggu, 30-08-2020 00:04 WIB

RAYAKAN TUJUH BELASAN MESKI DIRUMAH SAJA

oleh: ANNISA WERIFRAMAYENI, M.I.Kom
Alumni Pascasarjana S2 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas
PAHIT MANIS JADI SEORANG MAHASISWA Jumat, 28-08-2020 00:01 WIB

PAHIT MANIS JADI SEORANG MAHASISWA

oleh: ANNISA WERIFRAMAYENI, M.I.Kom
Alumni Pascasarjana S2 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas
BAHASA INDONESIA DI MASA ERA REVOLUSI 4.0 Sabtu, 15-08-2020 00:41 WIB

BAHASA INDONESIA DI MASA ERA REVOLUSI 4.0

oleh: ANNISA WERIFRAMAYENI, M.I.Kom
Alumni Pascasarjana S2 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas
MERDEKA DI TENGAH PANDEMI COVID 19 Jumat, 31-07-2020 14:47 WIB

MERDEKA DI TENGAH PANDEMI COVID 19

oleh: ANNISA WERIFRAMAYENI, M.I.Kom
Alumni Pascasarjana S2 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas